RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Revisi 2021/2022

RPP Daring 1 Lembar SD/MI  - Di kala pandemi seperti ini, kegiatan belajar secara daring menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mencegah penularan Covid-19 semakin parah. 

Pak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyatakan bahwa wabah pandemi virus corona (Covid-19) di Tanah Air menjadikan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah terpaksa ditiadakan.

Pandemi memaksa para guru dan murid untuk tidak saling bertemu belajar bersama dalam satu lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut, guru dituntut untuk melakukan pembelajaran secara daring (online).

Hambatan ketika melakukan pembelajaran daring juga tak jarang dijumpai oleh peserta didik karena setiap siswa kadang mempunyai keterbatasan yang berbeda-beda dalam sarafna belajar daring.

Di luar hambatan tersebut, peran guru sebagai tenaga pendidik saat pandemi seperti ini sangat penting. Salah satu perannya adalah melaksanakan pembelajaran dengan menanamkan beberapa pendidikan karakter yang di antaranya menjadi aktual di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, sebagai tenaga pendidik, guru tetap harus memiliki perangkat pembelajaran daring sebagai pedoman dalam kegiatan mengajar. Salah satu perangkat pembelajaran yang penting adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sebelum pandemi, biasanya RPP dibuat berdasarkan kelas nyata dan diaplikasikan pada setiap pertemuan bersama dengan siswa. Namun, dalam kondisi pandemi seperti ini rencana pelaksanaan pembelajaran daring (RPP daring) dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar secara online.

Pengertian RPP Daring

RPP daring adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara online (daring). Kegiatan belajar daring membutuhkan koneksi internet agar dapat saling berinteraksi antara guru dengan murid. Oleh karena itu, di sebut daring karena merupakan singkatan dari "dalam jaringan".

Apa itu RPP 1 Lembar?

RPP 1 Lembar merupakan kebijakan dari Pak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu mengurangi beban guru dalam bidang adminitrasi pembelajaran.

Tujuan kebijakan baru tersebut agar guru lebih fokus untuk mempersiapkan dan mengevalusai proses pembelajaran itu sendiri.

Dulunya, RPP berisi skenario pembelajaran yang isinya berlembar-lembar, mungkin kalau dihitung bisa jadi lebih dari 10 lembar banyaknya. Hal itulah yang dianggap bisa membebani guru dalam mempersiapkan dan mengevalusai proses pembelajaran.

Untuk itu penyederhanaan tersebut hanya  mencantumkan komponen inti RPP, antara lain tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran dan asesmen (penilaian).

Bagi guru yang sudah memiliki pengalaman lebih dalam mengajar, RPP 1 Lembar atau kebijakan penyederhanaan RPP sangat membantu mengurangi beban adminitrasi yang ada.

Menurut Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dinyatakan
bahwa.

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedanngkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Matar Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3.
Dari surat edaran di atas sangat jelas bahwa RPP 1 Lembar memiliki tiga aspek komponen inti yakni (1) tujuan pembelajaran, (2) langkah-langkah (kegiatan), (3) pembelajaran dan asesmen (penilaian).

Contoh RPP Daring 1 Lembar SD/MI

Sebenarnya tidak ada format baku dalam pembuatan RPP 1 Lembar SD/MI ini sehingga Bapak/Ibu guru bebas mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan komponen inti RPP. 

Namun, Bapak/Ibu guru dapat melihat format di bawah ini sebagai gambaran dalam menyusun RPP 1 Lembar Daring SD/MI, berikut merupakan contoh format RPP daring SD/MI.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

SekolahSD/MI
Kelas/Semester1/1
TemaAktivitas Permainan
SubtemaGerak Dasar Jalan
Jenis KegiatanKegiatan Berjalan
Pertemuan ke1
Alokasi Waktu2 x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran

  • Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
  • Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
B. Kegiatan Pembelajaran
MediaAlat/BahanSumber Belajar
  • Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll
  • Slide presentasi (PPT)
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain
  • Buku guru dan siswa
  • Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan
Pendahuluan
  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Kegiatan Berjalan. (Literasi)
  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kegiatan Berjalan. (HOTS)
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai PKegiatan Berjalan.(Collecting information and Problem solving)
  • Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kegiatan Berjalan, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)
Penutup
  • Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

C. Penilaian (Asesmen)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilaian sebagai nilai ketrampilan.

RPP SD/MI Daring K13 Revisi 2021/2022

Berikut merupakan format contoh RPP Daring 1 Lembar SD/MI 2021/2022 Revisi yang di susun sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019.

Pada bagian ini merupakan contoh RPP Daring SD/MI tematik kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 untuk SD/MI kelas 1-6.

Untuk mengunduh RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6, Bapak atau Ibu guru dapat klik tombol DownloadPada tampilan Smartphone/HP geser tabel ke arah kiri untuk melihat tombol. alert-warning

RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2Download/button
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 2 Semester 1 dan 2Download/button
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 3 Semester Satu dan DuaDownload/button
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 4 Semester Satu dan DuaDownload/button
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 5 Semester Gasal dan GenapDownload/button
RPP Daring 1 Lembar SD/MI Kelas 6 Semester Ganjil dan GenapDownload/button

Jika ada pertanyaan, Bapak/Ibu guru dapat berkomentar pada kolom komentar di bawah, terima kasih, semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya