Download Contoh RPP 1 Lembar

RPP 1 Lembar - Seringkali kebijakan baru dalam bidang pendidikan dimaknai telah terjadi perubahan kurikulum, nyatanya ini adalah suatu hal yang biasa terjadi. Kebijakan baru bertujuan supaya praktik pembelajaran di sekolah menjadi lebih efektif, baik, dan efisien.

Begitu juga dengan adanya inisiatif "Merdeka Belajar", kebijakan penyusunan RPP 1 Lembar oleh Pak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai maksud untuk membantu mengurangi beban guru dalam bidang adminitrasi pembelajaran.

Pertimbangan penyederhanaan RPP juga bertujuan agar guru bisa lebih fokus untuk mempersiapkan dan mengevalusai proses pembelajaran itu sendiri.

Intinya, RPP yang dulunya berlembar-lembar dapat diringkas (diabstraksi) menjadi satu lembar saja dengan memilah komponen RPP Inti (komponen yang harus ada). Adapun komponen lain dapat dilampirkan atau ditiadakan, karena bisa saja telah tersirat dan tersurat dalam komponen inti.

Menurut Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP menjelaskan bahwa RPP cukup 1 lembar saja atau satu halaman. Akan tetapi, bukan berarti tidak boleh lebih dari satu lembar. Jadi, komponen inti harus termuat dalam Lesson Plan atau rencana pelaksanaan pembelajaran. 

RPP versi dulu terdiri dari 13 komponen, tetapi sekarang RPP 1 Lembar hanya terdiri dari tiga komponen, yaitu komponen menentukan tujuan pembelajaran, proses pembelajaran (kegiatan), dan asesmen atau penilaian. Komponen lainnya hanya sebagai pelengkap, tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar peserta didik. 

Dilansir dari situs kemdikbud.go.id, RPP 1 Lembar bisa dibuat dengan singkat misalnya hanya satu halaman saja, dan tidak ada persyaratan jumlah halaman. Akan tetapi, RPP harus sesuai dengan prinsip penyederhanaan komponen. 

Penyederhanaan komponen RPP memiliki 3 (tiga) prinsip utama, yaitu efisien, efektif, dan beriorientasi pada peserta didik. 

Efisien mempunyai arti bahwa RPP dilakukan dengan tepat dan tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti menulis RPP dengan maksud untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi kepada peserta didik punya makna bahwa penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Dalam menulis RPP 1 Lembar tidak terdapat standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas memilih, membuat, mengembangkan, dan mempergunakan RPP sesuai tiga prinsip utama (efisien, efektif dan berorientasi pada murid).

Namun, bagi calon guru, ada baiknya tetap mempelajari RPP dengan versi komponen lengkap, kemudian baru belajar meringkas menjadi RPP 1 Lembar.

Pengertian RPP 1 Lembar

Pengertian RPP 1 Lembar adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. RPP merupakan pengembangan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Jenis RPP 1 (Satu) Lembar

Ada 3 jenis contoh rpp 1 (satu) lembar, yaitu RPP daring, RPP luring, dan RPP kombinasi (gabungan RPP daring dan luring). Berikut adalah jenis contoh rpp satu lembar:

RPP Daring 1 Lembar

Daring merupakan singkatan dari kata "Dalam Jaringan". RPP 1 Lembar Daring adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara daring (online). Pelaksanaan pembelajaran secara daring membutuhkan koneksi internet agar dapat saling terhubung antara siswa dengan guru.

Contoh aktivitas pembelajaran daring (online) antara lain; siswa dan guru melakukan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran daring atau bantuan aplikasi Zoom, WhatsApp, Google Clasroom, Microsoft Teams, Google Meet.

RPP Luring 1 Lembar

RPP 1 Lembar Luring (Luar Jaringan) adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara luring (offline). Artinya, kegiatan pembelajaran luring dilaksanakan secara tatap muka atau pertemuan fisik secara langsung tanpa dengan bantuan teknologi jaringan internet.

Contoh kegiatan belajar secara luring seperti; Guru melakukan ulangan harian secara langsung kepada siswa di kelas; Guru memberikan materi pembelajaran secara tatap muka langsung.

RPP Kombinasi 1 Lembar

RPP 1 Lembar Kombinasi ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang merupakan gabungan dari daring dengan luring.

Cara Membuat RPP 1 Lembar

Ada tiga tahapan untuk menyusun rpp 1 (satu) lembar, adapun tiga tahapan tersebut antara lain sebagai berikut ini:

Mempersiapkan Bahan Pembelajaran

Tahapan pertama untuk membuat RPP 1 Lembar adalah dengan menyiapkan Buku Guru Tematik, Buku Siswa Tematik, KKO (Kata Kerja Operasional).

Menyusun Kerangka RPP

RPP 1 Lembar dibuat dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu:
  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  • Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  • Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  • Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.
Dengan demikian, kerangka RPP harus termuat 3 komponen yakni tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan asesmen atau penilaian. Berikut adalah format sederhananya.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)


Satuan Pendidikan : .........................................

Kelas/Semester : .........................................

Tema                 : .........................................

Sub Tema         : .........................................

Pembelajaran         : .........................................

Alokasi Waktu : .........................................


Tujuan Pembelajaran :

.................................................................

Langkah-Langkah Pembelajaran :

.................................................................

Penilaian Pembelajaran :

.................................................................

Mengisi Kerangka RPP

Isi kerangka RPP sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)


Sekolah         : SMA
Kelas/Semester : X/1
KD                 : 3.1 dan 4.1
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Pertemuan ke         : 1
Materi         : Ruang Lingkup Biologi

A. Tujuan Pembelajaran

  • Menjelaskan karakteristik umum sains.
  • Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan  ilmu Biologi.
  • Menjelaskan  apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
  • Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
  • Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan  Biologi
  • Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. 
  • Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
  • Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
  • Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah. 
  • Menjelaskan  bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. 
  • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
  • Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.

B. Kegiatan Pembelajaran

MediaAlat/BahanSumber Belajar
  • Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll
  • Slide presentasi (PPT)
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain
  • Buku guru dan siswa
  • Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

Pendahuluan
  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
Kegiatan Inti
  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi . (Literasi)
  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi . (HOTS)
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi .(Collecting information and Problem solving)
  • Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi , Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)
Penutup
  • Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

C. Penilaian (Asesmen)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Download Contoh RPP 1 Lembar PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA

Berikut adalah contoh RPP 1 Lembar lengkap untuk PAUD; SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6; SMP/MTs Kelas 7,8,9; dan SMA/SMK/MA kelas 10,11,12. Jenis RPP satu lembar ini merupakan bentuk penyederhanaan dari RPP sebelumnya dan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019.

Contoh RPP Daring 1 Lembar

Berisi kumpulan contoh RPP 1 Lembar Daring untuk PAUD; SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6; SMP/MTs Kelas 7,8,9; dan SMA/SMK/MA kelas 10,11,12; Semester 1 dan Semester 2 (Lengkap)

Bapak/Ibu guru dapat melihat contoh RPP Daring 1 Lembar dengan klik tombol berikut.  Lihat RPP Daring 1 Lembar/button alert-info

Contoh RPP Luring Satu Lembar

Di bawah ini merupakan jenis RPP 1 Lembar Luring untuk PAUD; SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6; SMP/MTs Kelas 7,8,9; dan SMA/SMK/MA kelas 10,11,12.

Bapak/Ibu guru dapat melihat contoh RPP Luring 1 Lembar dengan klik tombol berikut.  Lihat RPP Luring 1 Lembar/button alert-info

Contoh RPP Kombinasi 1 (Satu) Lembar

Berisi kumpulan contoh RPP 1 Lembar Kombinasi untuk PAUD; SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6; SMP/MTs Kelas 7,8,9; dan SMA/SMK/MA kelas 10,11,12.

Bapak/Ibu guru dapat melihat contoh RPP Kombinasi 1 Lembar dengan klik tombol berikut.  Lihat RPP Kombinasi 1 Lembar/button alert-info

Catatan:
Untuk melihat atau download contoh RPP 1 Lembar di atas silahkan klik tombol Lihat RPP sesuai dengan contoh file template RPP yang dibutuhkan

Contoh RPP tersebut dapat di unduh secara gratis dan format file RPP yang penulis bagikan berbentuk dokumen word atau Microsoft Word Document.

Cukup sampai di sini postingan mengenai RPP 1 Lembar: Pengertian, Jenis, Cara Membuat RPP dan Download Contohnya semoga dapat bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya