Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban TPS

Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban TPS -- Kali ini pelajar.web.id akan membagikan penjelasan lengkap dan kunci soal Tes Potensi Skolastik (TPS), disini sudah diulas secara lengkap serta detail. Tanpa berlama-lama lagi, karena admin tidak suka basa-basi hehe...langsung saja menuju poin utama artikel ini, sesuai dengan judul tentunya kalian dapat memanfaatkan secara gratis semua yang ada di blog ini.

Kalian ingin mendownload Softfile Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal TPS dalam bentuk Portable Document Format (PDF)? Tenang!!! Kami sudah menyediakan tombol download untuk kalian dibawah atau klik disini. alert-info

79+ Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban TPS  Semua Mapel Lengkap


Mata Pelajaran Tes Potensi Skolastik (TPS) Penalaran Umum


Bacaan 1 : untuk soal nomor 1-7

Para ilmuwan China menemukan sebuah lubang hitam monster yang saking besarnya, harusnya tak pernah ada. Dilansir dari CNN dan Space.com; lubang hitam stellar seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25 kali lipat massa Matahari. Pasalnya, lubang hitam s tellar yang terbentuk setelah bintang mati, kehilangan banyak massa ketika bintang yang mati meledak. Namun, lubang hitam yang baru ditemukan ini memiliki massa 68 kali lebih besar dari Matahari. Selain itu, lubang hitam bernama LB-1 ini relatif dekat dengan Bumi, dengan jarak 13.800 tahun cahaya dari planet kita. Penulis utama studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, Jifeng Liu dari Chinese Academy o f Sciences, berkata bahwa menurut model evolusi bintang saat ini, lubang hitam dengan massa sedemikian besar seharusnya tidak ada dalam galaksi kita. Oleh karena itu, keberadaan lubang hitam baru ini menjadi tantangan bagi para pembuat teori untuk menjelaskan formasinya.

Menurut Liu dan tim, ukuran raksasa LB-1 mungkin karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang saja, melainkan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit. Kemungkinan lainnya, lubang hitam ini terbentuk akibat fenomena yang disebut "fallback supernova". Ini merupakan fenomena di mana sebuah supernova (tahap terakhir dari bintang yang meledak) melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova dan menciptakan lubang hitam. Secara teori, fallback supernova memang bisa terjadi. Namun hingga kini, para ahli belum dapat membuktikannya. Selain itu, ada kemungkinan para ahli salah mengkalkulasikan massanya. Liu dan timnya mengakui bahwa massa sebuah lubang hitam bergantung pada jarak yang dikalkulasikan. Berbeda dengan hasil temuan ilmuwan China, hasil observasi menggunakan teleskop Gaia di Eropa menunjukkan bahwa jarak LB-1 dengan Bumi mungkin hanya 7.000 tahun cahaya yang membuat massanya hanya 10 kali lipat matahari. Akan tetapi, tim ilmuwan China berkata bahwa bila LB-1 lebih dekat dari kalkulasi mereka, seharusnya lubang hitam itu lebih redup dan massanya lebih kecil. Hal ini juga menambah rumit misteri LB-1 karena temperatur yang diobservasi oleh para peneliti tidak bisa dijelaskan dengan luminositas yang lebih rendah.

TPS Penalaran Umum - 01

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf 1 adalah ……
(A) Lubang hitam monster yang ditemukan ilmuwan China sebenarnya tidak pernah ada.
(B) Bintang mati yang meledak mengakibatkan lubang hitam kehilangan banyak massa. 
(C) Massa lubang hitam stellar seharusnya mencapai lebih dari 68 kali lipat massa Matahari. 
(D) Lubang hitam LB-1 relatif dekat dengan Matahari, dengan jarak 13.800 tahun cahaya. 
(E) Keberadaan lubang hitam dengan massa besar pernah dijumpai pada riset sebelumnya.

Pembahasan 
Kalimat ketiga paragraf 1: “Pasalnya, lubang hitam stellar yang terbentuk setelah bintang mati, kehilangan banyak massa ketika bintang yang mati meledak.”
Jawaban: B

TPS Penalaran Umum - 02

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Pernyataan yang benar mengenai lubang hitamstellar adalah ……
(A) Kemungkinan terdapat lubang hitam stellar berukuran sama dengan massa Matahari. 
(B) Pembentukan lubang hitam stellar disertai dengan proses bintang yang mati.
(C) Bintang akan kehilangan banyak massa ketika mati dan akhirnya meledak. 
(D) Ukuran massa lubang hitam stellar yang terbesar lebih dari 68 kali massa Matahari.
(E) Lubang hitam stellar yang terdekat dengan Bumi berjarak 13.800 tahun cahaya.

Pembahasan
Kalimat kedua paragraf 1: “Dilansir dari CNN dan Space.com; lubang hitam stellar seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25 kali lipat massa Matahari.”
Karena seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25kali lipat massa matahari, artinya ada kemungkinan lubang hitam stellar berukuran samadengan massa matahari. Pilihan yang lain tidakbenar tentang lubang hitam stellar.
Jawaban: A

TPS Penalaran Umum - 03

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Salah satu kemungkinan penyebab ukuran raksasa lubang hitam LB-1 yang memiliki massa 68 kali lebih besar dari Matahari adalah ……
(A) Menyerap banyak massa ketika bintanginduk mati dan meledak.
(B) Terbentuk bukan hanya akibat runtuhnyasatu bintang saja.
(C) Terdapat dua lubang hitam raksasa yangsaling mengorbit.
(D) Peluruhan massa selama tahap terakhir ledakan bintang induk.
(E) Tersebarnya material ledakan ke atmosfersupernova. 
 
Pembahasan
Kalimat pertama paragraf 2: “Menurut Liu dan tim, ukuran raksasa LB-1 mungkin karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang saja, melainkan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit”
Jawaban: B

TPS Penalaran Umum - 04

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Salah satu kemungkinan lain terbentuknya lubang hitam LB-1 yang berukuran besar adalah akibat fenomena fallback supernova, yakni …… 
(A)   Sebuah  bintang  yang  mengalami proses mati dan pada akhirnya meledak melepaskan material ke angkasa.
(B)   Bintang mati yang tidak lagi aktif sehingga mengalami penyusutan dan kehilangan banyak massa.
(C)  Runtuhnya dua atau lebih bintang yang dikombinasikan dengan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit.
(D) Temperatur supernova memiliki luminositas yang lebih rendah sehingga material ledakan jatuh kembali.
(E)   Tahap terakhir  dari  bintang  mati yang meledak melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova.

Pembahasan
Kalimat ke-2 sampai ke-3 paragraf 2: “Kemungkinan lainnya, lubang hitam ini terbentuk akibat fenomena yang disebut "fallback supernova". Ini merupakan fenomena di mana sebuah supernova (tahap terakhir dari bintangyang meledak) melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova dan menciptakan lubang hitam”
Jawaban: E 

TPS Penalaran Umum - 05

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Terdapat kemungkinan para ahli salah mengkalkulasikan massa lubang hitam LB-1 dimana massa sebuah lubang hitam dipengaruhi oleh ……
(A) Temperatur supernova
(B) Jarak kalkulasi
(C) Instrumen yang digunakan
(D) Ukuran bintang induk
(E) Luminositas 

Pembahasan
Kalimat keenam paragraf 2: “Selain itu, ada kemungkinan paranahli salah mengkalkulasikan  massanya.   Liu   dan   timnya mengakui  bahwa  massa  sebuah  lubang  hitam bergantung pada jarak yang dikalkulasikan.”
Jawaban: B

TPS Penalaran Umum - 06

Level Soal       : Sulit
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Salah satu misteri rumit  lubang  hitam LB-1 adalah temperatur yang diobservasi oleh para peneliti  tidak bisa dijelaskan dengan luminositas  yang lebih   rendah. Arti kata luminositas adalah ……
(A)  Total energi yang dipancarkan benda langit
(B)   Temperatur permukaan benda langit
(C)   Tingkat radiasi benda langit
(D)  Ukuran massa total dari benda langit
(E)   Persebaran material ledakan benda langit
 
Pembahasan
Menurut KBBI, kata luminositas memiliki arti total energi yang dipancarkan oleh benda langit seperti
matahari dan bintang.
Jawaban: A

TPS Penalaran Umum - 07

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Pernyataan   yang   tidak   sesuai   dengan   isi paragraf 2 adalah ……
(A)  Fenomena fallback supernova terjadi pada tahap terakhir dari bintang yang meledak dan melepaskan material yang jatuh kembali. 
(B) Hasil observasi di Eropa menunjukkan jarak LB-1 dengan Bumi hanya setengah dari jarak yang disampaikan ilmuwan China. 
(C) Salah satu kemungkinan penyebab ukuran raksasa LB-1 adalah karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang.  
(D) Fenemona fallback supernova sudah sering terjadi dalam proses pembentukan lubang hitam stellar akibat ledakan bintang. 
(E) Jika lubang hitam semakin dekat dengan Bumi maka lubang hitam itu seharusnya lebih redup dan memiliki massa lebih kecil.

Pembahasan
Kalimat ke-4 sampai ke-5 paragraf 2: “Secara teori, fallback supernova memang bisa terjadi. Namun hingga kini, para ahli belum dapat membuktikannya.” Artinya fenomena fallback supernova masih jarang sekali terjadi meskipun ada potensi untuk terjadi.
Jawaban: D


Bacaan 2 : untuk soal nomor 8-14

Sejarawan JJ Rizal meyakini bahwa Indonesia pernah menjadi tempat lahirnya teori evolusi  berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi. Hal itu diyakininya setelah membaca buku berjudul The Malay Archipelago karya Alfred Russell Wallace. The Malay Archipelago pertama kali dipublikasikan pada tahun 1869. Buku tersebut berisi tentang kekayaan flora dan fauna Nusantara, dari Sumatera di bagian barat hingga Papua di ujung timur. Bahkan, dari buku tersebut dapat diketahui bahwa Wallace adalah seorang naturalis pertama yang sampai ke Papua, sekalipun hanya singgah di pinggiran pulau Papua. Perjalanan keilmuan Alferd Russell Wallace, hingga tersebutlah wilayah Wallacea Nusantara, adalah bagian yang didokumentasikan dalam buku the Malay Archipelago itu. Wallace menceritakan semua penemuannya tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati di Nusantara, serta budaya, bahasa, serta peta perpindahan manusia purba di Nusantara.

Berawal dari ketertarikan dan keyakinan terhadap inspirasi besar seorang Wallace dalam karyanya tersebut, JJ Rizal beserta timnya menerjemahkan The Malay Archipelago menjadi bahasa Indonesia dengan judul Kepulauan Nusantara. Menurut Rizal, buku The Malay Archipelago sebenarnya sudah pernah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan judul yang berbeda. Namun, hasilnya terkesan ter buru- buru dan kurang sesuai aslinya. "Saya pernah membeli buku terjemahannya di daerah Sumatera, waktu itu harganya murah, tapi pas saya baca isinya itu tidak sesuai dengan apa yang dituliskan Wallace, karena ada yang dipotong jadinya malah salah makna," kata Rizal. Menjawab hal tersebut, JJ Rizal mengatakan bahwa saat ini teori evolusi Charles Darwin adalah penemuan terbesar yang banyak diketahui masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia. Padahal, kata dia, teori evolusi Darwin sangat mungkin sekali hadir karena terinspirasi dari karya Wallace. "Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggris, kemudian dibacakan di depan linear society dan satu tahun kemudian, buku Darwin yang berjudul The Origin of Species yang berisi tentang teori evolusi itu terbit," tutur Rizal. Buku Darwin tersebut menurut Rizal sangat mungkin terinspirasi atau disebut eureka dari karya Wallace sebelumnya. "Di mana artinya, seharusnya Indonesia merayakan atas heritage atau warisan sejarah yang besar, bahwa nusantara pernah menjadi tempat penemuan teori akbar dalam sejarah ilmu pengetahuan, dan cara Wallace bekerja juga menarik, sehingga dapat menjadi inspirasi tentang pentingnya sains," jelasnya. Namun hari ini, kata Rizal, justru ironisnya sains di Indonesia seperti tidak punya tempatnya dan saat ini justru terancam karena tidak adanya perangai ilmiah dan tidak menghargai situs-situs sejarah. Terutama dalam bentuk bentang alam yang besar dengan kekayaan flora dan fauna, yang sudah digambarkan oleh Wallace, sekarang digantikan oleh perkebunan yang beraneka macam yang mengancam spesies-spesies.

TPS Penalaran Umum - 08

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Pernyataan   yang   tidak   sesuai   dengan   isi paragraf 1 adalah ……
(A)  Buku   berjudul The Malay Archipelago adalah karya naturalis Alfred Russell Wallace.
(B)  Sejarawan JJ Rizal meyakini bahwa Indonesia menjadi tempat  lahirnya  teorievolusi.
(C)  Wallace  adalah  naturalis  pertama  yang mengeksplorasi seluruh wilayah Papua.
(D)  Buku The Malay Archipelago berisi tentang kekayaan flora dan fauna Nusantara.
(E)   Terdapat unsur budaya dan bahasa dalam cerita Wallace di The Malay Archipelago.

Pembahasan
Kalimat kelima paragraf 1: “Bahkan,   dari   buku   tersebut   dapat   diketahui bahwa Wallace adalah seorang naturalis pertama yang sampai ke Papua, sekalipun hanya singgah di pinggiran pulau Papua.”
Jawaban: C

TPS Penalaran Umum - 09

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Berikut ini yang bukan  merupakan hal yang diceritakan Wallace di buku The Malay Archipelago adalah ……
(A)  Biodiversitas
(B)   Budaya
(C)   Bahasa
(D)  Manusia purba
(E)   Bentang alam

Pembahasan
Kalimat terakhir paragraf 1: “Wallace   menceritakan   semua   penemuannya tentang biodiversitas    atau keanekaragaman hayati di Nusantara, serta budaya, bahasa, serta peta perpindahan manusia purba di Nusantara.”
Jawaban: E

TPS Penalaran Umum - 10

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Menurut  pandangan  Rizal,  buku  terjemahan The  Malay  Archipelago  tidak  sesuai  dengan versi aslinya karena ……
(A)  Susunan kata terburu-buru dan tidak jelas.
(B)   Harga jualnya murah di pasaran.
(C)   Ada pemotongan sehingga salah makna. 
(D)  Perbedaan interpretasi bahasa.
(E)   Penerjemah bukan seorang naturalis.

Pembahasan
Kalimat ke-3 sampai ke-4 paragraf 1: “Namun, hasilnya terkesan terburu-buru dan kurang sesuai aslinya. "Saya pernah membeli buku terjemahannya di daerah Sumatera, waktu itu harganya murah, tapi pas saya baca isinya itu tidak sesuai dengan apa yang dituliskan Wallace, karena ada yang dipotong jadinya malah salah makna," kata Rizal.”
Jawaban: C

 

TPS Penalaran Umum - 11

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Hal yang mendasari asumsi Rizal bahwa teori evolusi   Darwin   terinspirasi   oleh   penelitian Wallace adalah ……
(A) Wallace mengirim surat ke Inggris yang dibacakan di depan linear society sebelum buku Darwin  terbit.
(B)  Buku The Origin of Species karangan Darwin terbit hanya beberapa hari setelah karya Wallace dipublikasikan.
(C) Darwin merupakan salah satu rekan penelitian Wallace tentang teori evolusi pada makhluk hidup.
(D) Teori evolusi berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi dicetuskan olehDarwin dan Wallace.
(E) Biodiversitas atau keanekaragaman diNusantara serupa dengan Galapagos yang menjadi subjek Darwin. 

Pembahasan
Kalimat ke-6 sampai ke-7 paragraf 2: “Padahal,  kata  dia,  teori  evolusi  Darwin  sangat mungkin sekali hadir karena terinspirasi dari karya Wallace. "Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggris, kemudian dibacakan di depan linear society dan satu tahun kemudian, buku Darwin yang berjudul The Origin of Species yang berisi tentang teori evolusi itu terbit," tutur Rizal.”
Jawaban: A

TPS Penalaran Umum - 12

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Mencari informasi
Pernyataan yang benar tentang Darwin adalah……
(A) Karya Darwin diterbitkan tahun 1869
(B) Surat Darwin dibacakan di depan linear society
(C) Naturalis pertama yang sampai ke Papua
(D) Penerjemah buku The Malay Archipelago
(E) Penulis buku The Origin of Species 

Pembahasan
Kalimat ketujuh paragraf 2: “Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggriskemudian dibacakan di depan linear society dansatu tahun kemudian, buku Darwin yang berjuduThe Origin of Species yang berisi tentang teorievolusi itu terbit”
Jawaban: E

 

TPS Penalaran Umum - 13

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Rizal mengatakan bahwa sains di Indonesia ironis seperti tidak punya tempat dan justru terancam. Hal ini disebabkan oleh, kecuali ……
(A) Tidak adanya perangai ilmiah 
(B) Tidak menghargai situs-situs sejarah
(C) Pergantian fungsi habitat alami
(D) Dinamika kondisi iklim yang ekstrem
(E) Ancaman terhadap spesies langka

Pembahasan
Kalimat terakhir paragraf 2: “Namun hari ini, kata Rizal, justru ironisnya sains di Indonesia seperti tidak punya tempatnya dan saat ini justru terancam karena tidak adanya perangai ilmiah dan tidak menghargai situs-situs sejarah. Terutama dalam bentuk bentang alam yang besar dengan kekayaan flora dan fauna, yang sudah digambarkan oleh Wallace, sekarang digantikan oleh perkebunan yang beraneka macam yang mengancam spesies-spesies.”
Jawaban: D

TPS Penalaran Umum - 14

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Pernyataan yang sesuai dengan bacaan yang diberikan adalah ……
A. Buku The Malay Archipelago pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh sejarawan JJ Rizal beserta timnya.
B. Buku   berjudul   The   Malay   Archipelago merupakan karya Alfred Russell Wallace yang mulai ditulis pada tahun 1869.
C. Indonesia    atau    Nusantara   merupakan tempat lahirnya teori evolusi berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi.
D. Saat   ini   teori   evolusi   yang   dicetuskan Wallace adalah penemuan terbesar yang banyak diketahui masyarakat dunia.
E. Peta    perpindahan    manusia    purba    di Nusantara juga merupakan salah satu cerita Wallace di buku The Malay Archipelago.

Pembahasan
Kalimat terakhir paragraf 1: “Wallace menceritakan semua penemuannya tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati di  Nusantara, serta  budaya,  bahasa, serta  peta perpindahan manusia purba di Nusantara.”
Jawaban: E

Penalaran Analitik : untuk nomor 15-20


Untuk soal nomor 15-17 

TPS Penalaran Analitik - 15

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Membandingkan informasi
Tabel di atas menunjukkan data pengguna narkoba di Indonesia. Pernyataan yang salah adalah …… 
(A) Anak berusia kurang dari 16 tahun terpapar narkoba
(B) Pengguna narkoba sebagian besar berusialebih dari 29 tahun
(C) Setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlahpengguna di setiap umur
(D) Pada tahun 2007 jumlah pengguna lebihbesar dari dua tahun sebelumnya
(E) Untuk usia 25-29 tahun terjadi kenaikanlebih dari 1000 pengguna di tahun 2007

Pembahasan
Pernyataan yang salah adalah setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlah pengguna di setiap umur
karena dari tahun 2006 ke 2007 terjadi penurunan jumlah pengguna untuk usia 20-24 tahun yang
awalnya 8.383 menjadi 8.275.
Jawaban: C

 

TPS Penalaran Analitik - 16

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Persentase kenaikan jumlah pengguna narkoba untuk rentang usia 20-24 tahun dari tahun 2005 ke 2006 adalah ……
(A) 15.7%
(B) 28.3%
(C) 34.5%
(D) 41.8%
(E) 52.3% 

Pembahasan
Besarnya kenaikan jumlah pengguna:
\[8.383 - 5.503 = 2.800\]
Sehingga persentasenya adalah:
\[P = \frac{{2800}}{{5503}} \cdot 100\%  \approx \frac{{2800}}{{5600}} \cdot 100\%  = 50\% \]
Jika dihitung secara pasti adalah 52.3%.
Jawaban: E

TPS Penalaran Analitik - 17

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Untuk penduduk berusia kurang dari 30 tahun, yang mengalami kenaikan jumlah pengguna narkoba terbesar tahun 2007 adalah ……
A. Siswa SD
B. Siswa SMP
C. Siswa SMA
D. Mahasiswa
E. Pekerja kantoran

Pembahasan
Kenaikan jumlah pengguna terbesar untuk tahun 2007 adalah untuk rentang usia 25-29 tahun yakni
sebesar 1.173. Kelompok yang sesuai untuk rentang usia 25-29 tahun adalah pekerja kantoran.
Jawaban: E

Untuk soal nomor 18-20

TPS Penalaran Analitik - 18

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Grafik di samping menunjukkan Indeks Letusan Vulkanis (VEI) Gunung Merapi. Berdasarkan grafik, gunung Merapi menunjukkan VEI kedua tertinggi pada tahun ……
(A) 1920 dan 1961 
(B) 1920 dan 1956 
(C) 1930 dan 1961 
(D) 1930 dan 2010 
(E) 1961 dan 2010

Pembahasan
Nilai VEI kedua tertinggi adalah 3 yang terjadi padatahun 1930 dan 1961.
Jawaban: C

TPS Penalaran Analitik - 19

Level Soal       : Mudah
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Pernyataan  yang  tidak  sesuai  dengan  grafik adalah ……
(A) VEI terbesar terjadi tahun 2010 
(B) VEI terkecil adalah 1
(C) VEI tahun 1956 adalah 2
(D) VEI tahun 1924 sama dengan 1957
(E) VEI tahun 1920 lebih rendah dari 1949

Pembahasan
Pernyataan  yang  tidak  sesuai  adalah  VEI  tahun 1920   lebih   rendah   dari   tahun   1949   karena seharusnya VEI di  kedua tahun tersebut adalah sama, yakni 2.
Jawaban: E

TPS Penalaran Analitik - 20

Level Soal       : Sedang
Kategori Soal : Menganalisa informasi
Hal yang paling mungkin terjadi jika setelah tahun 2010 Gunung Merapi meletus adalah …… 
(A) VEI-nya akan sebesar 2
(B) VEI-nya akan sebesar 4
(C) VEI-nya akan lebih rendah dari 2
(D) VEI-nya akan lebih rendah dari 4
(E) VEI-nya akan lebih tinggi dari 4

Pembahasan
Setiap  terjadi  kenaikan  VEI  maka  akan  selalu diikuti dengan penuruna VEI di letusan berikutnya. Hal tersebut ditunjukkan pada tahun 1925-1930, 1954-1956 dan 1957-1961. Karena pada tahun 2001-2010 terjadi kenaikan VEI maka letusan setelah tahun 2010 kemungkinan VEI akan lebih rendah dari 4.
Jawaban: D



Pemahaman Bacaan dan Menulis


Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D atau E.

Bacaan 1

(1)  Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. (2) Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. (3) Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. (4) Tanpa insulin sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. (5) Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. (6) Apabila  seseorang tidak mampu meminimalisir glukosanya di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan 1[…] gangguan organ tubuh. (7)  Lebih  parahnya  lagi,  jika  seseorang  tidak mampu  mengontrol  glukosa  dengan  baik,  dapat  timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

(8) Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. (9) Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. (10) Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. (11) Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. (12) Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. (13) Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor 2[…] dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan. (14) Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

01 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Judul yang paling tepat untuk melengkapi teks di atas adalah….
A. Diabetes Disebabkan Kadar Glukosa dalam Tubuh
B. Diabetes Penyakit yang Disebabkan oleh Tingginya Kadar Glukosa
C. Glukosa Merupakan Faktor Diabetes
D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
E. Jenis-Jenis Penyakit Diabetes dan Penyembuhannya

Pembahasan
Menentukan judul dalam teks bisa dilihat dari berbagai ide pokok dalam sebuah paragraf, kemudian menggabungkan ide pokoktersebut. Mengenali Kadar Glukosa adalah ide dalam paragraf ke-1
Jawaban: D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes

02 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Mudah
Kata berimbuhan yang salah pada paragraf ke 1 adalah….
A. memproduksi
B. menyerap
C. meminimalisir
D. mengontrol
E. mengolah

Pembahasan
Jelas dalam bahasa Indonesia sebenarnya akhiran-ir tidakada atau tidak baku.
Jawaban: C. meminimalisir 

03 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat di atas adalah ....
A. macam, keturunan, 
B. berbagai, genetik,
C. banyak, keturunan,
D. jenis, riwayat,
E. macam-macam, gen

Pembahasan
Mencari kata/diksidengan tepat
Jawaban: B. berbagai, genetik, (Jelas)

04 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah
A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadienergi.
B. Jika seseorang tidak bisa mengontrol insulin dalam tubuh, maka penyakit berbahaya akan menjadi ancaman hingga kematian.
C. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.
E. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

Pembahasan
Jelas, dalam mencari pernyataan yang sesuai dengan teks maka harus membaca dengan cermat dan memperhatikan korelasi antarkalimat.
Jawaban: A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

05 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kalimat utama paragraf 1 ditunjukkan oleh nomor.... 
A. Glukosa merupakan sumber energi utamabagi sel tubuh manusia. 
B. Diabetes adalah penyakit yangberlangsung lama atau kronis sertaditandai dengan kadar gula (glukosa)darah yang tinggi atau di atas nilai normal. 
C. Jika seseorang tidak mampu mengontrolglukosa dengan baik, dapat timbulberbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. 
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan olehhormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak dibelakang lambung. 
E. Pada penderita diabetes, pankreas tidakmampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Pembahasan
Berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
a. Deduktif (awal paragraf)
b. Ineratif (tengah paragraf)
c. Deduktif (akhir paragraf)
d. Campuran (awal dan akhirparagraf)
Jawaban: B. Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.

06 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kalimat suntingan yang tepat untuk kalimat 6 bacaan di atas adalah ....
A. Lebih parahnya lagi, jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. 
B. Jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. 
C. Oleh karena itu, jika seseorang tidak dapat mengontrol glukosa dengan baik, maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. 
D. Namun, apabila seseorang tidak dapat mengkontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. 
E. Apabila seseorang tidak dapat mengkontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Pembahasan
Tujuan   penyuntingan adalah mempermudah pembaca dalam memahami teks bacaan serta kaidah kalimat efektif memperhatikan kehematan kata, sedangkan kaidah dalam bahasa Indonesia  fungsi konjungsi sebagai ciri dalam suatu paragraf.
Jawabaan: C. Oleh karena itu, jika seseorang tidak dapat mengontrol glukosa dengan baik, maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

07 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Agar menjadi paragraf yang baik, kalimat penutup paragraf terakhir yang paling sesuai adalah ….
A. Oleh karena itu, mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.
B. Dan, kita harusnya mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.
C. Tipe-tipe tersebut sangat penting untuk diketahui dan melakukan pencegahan terhadap penyakit diabetes.
D. Dengan mengenali tipe diabetes penderita bisa melakukan pencegahan lebih awal.
E. Kemudian mengenali faktor tipe diabetes tipe 1 dan 2 akan mengenali produksi insulin dalam tubuh.

Pembahasan
Penggunaan konjungsi kausalitas oleh karena itu, menunjukan kausal dari mengenali tipe diabetes terhadap asupan glukosa (sebab-akibat).
Jawaban: A. Oleh karena itu, mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.

08 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kalimat di bawah ini yang menunjukan hubungan syarat terdapat pada kalimat….
A. Microbial fuel cell adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik dengan aksi mikroorganisme, yang dalam kasus ini apabila ditemukan di dalam tanah.
B. Sampai sejauh ini para peneliti mengatakan penelitian deteksi dini dilakukan dalam skala kecil dan tidak saling berhubungan.
C. Para ilmuwan mengatakan kemampuan tanaman naungan untuk menghasilkan energi dalam tingkat yang rendah untuk memasok sel bahan bakar akan merevolusi cara pengamatan alam.
D. Gula ini tidak tinggal di daun, tetapi diangkut ke seluruh tanaman ke batang dan akar.
E. Hal yang sangat penting dari teknologi ini ialah kemampuan untuk mendapatkan dan menangkap energi dari tanaman di daerah yang kurang sinar matahari.

Pembahasan
Konjungsi apabila merupakan jenis konjungsi hubungan syarat.
Jawaban: A. Microbial fuel cell adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik dengan aksi mikroorganisme, yang dalam kasus ini apabila ditemukan di dalam tanah.



Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap
nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, Datau E) 

Bacaan 2
Para  peserta  diberitahu  tentang  pilihan  dokter  untuk  menawarkan  opsi  ${}^9$bypass jantung.  Opsi  ini berpeluang menjaga kesehatan pasien selama bertahun-tahun, meski ada kemungkinan kematian saat
${}^{10}$operasi.

Mungkin seperti sudah diprediksi, para peserta menilai keputusan  ${}^{11}$sang dokter jauh lebih keras jika mereka  diberi  tahu  bahwa  pasien  meninggal  setelah  operasi  dibandingkan  ketika  mereka  diberitahu bahwa pasien bertahan hidup meskipun manfaat dan risikonya sama persis dalam setiap kasus. Bagaimanapun, begitu Anda mengetahui tentang tragedi itu, sulit untuk tidak menyalahkan, dokter membuat para peserta mempertanyakan kompetensinya dan ${}^{12}$nonkooperatif.

 

09 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Mudah
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI 
B. Bypass
C. “bypass”
D. bypass
E. “bypass”

Pembahasan
Serapan asing ditulis dengan huruf miring.
Jawaban: D. bypass 


10 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Mudah
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. oprasi
C. Operasi
D. operasi
E. oprasi

Pembahasan
Menurut KBBI operasi bukan oprasi
Jawaban: A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

 

11 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Sang
C. sang
D. Sang
E.  ‘sang’

Pembahasan
Penulisan sang ditulis dengan huruf kecil, kecuali penulisan dalam judul
Jawaban:  A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

 

12 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. non kooperatif
C. non-kooperatif
D. non-Kooperatif
E. nonkooperatif 

Pembahasan
Kata ‘non’ digabung penggunaannya dengan kata dasar ataupun kata berimbuhan tanpa tanda strip atau spasi. Kata yang biasa disambung dan sudah ditemukan penggunaannya adalah kata yang diawali huruf
a, b, d, e, f, h, i, k, m, p, s, t, dan v. 
Jawaban: A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI


Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D atau E.

Bacaan 3

(1)  Bicara  soal  budaya  Indonesia  tidak  akan  pernah  ada  habisnya.  (2)  Keragamannya  mulai  dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya. (3) Hal ini juga yang sering menarik perhatian dunia. (4) Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, pasti akan terkesan dengan keragaman budaya di Indonesia ini. (5) Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga. (6) Indonesia sendiri sudah terkenal akan keragaman budaya. (7) Maka tidak heran jika warga negara asing justru banyak yang rela bersekolah kebudayaan Indonesia, dan menetap di Indonesia. (8) Kita sebagai warga negara indonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya.

(9)  Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia. (10) Banyak sekali artis- artis luar negeri yang memakai baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama. (11) Selain itu batik juga sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. (12) Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri khas motif yang berbeda-beda. (13) Dan jenis batik sendiri sekarang  juga  sudah  beragam  mulai  dari  batik  tulis  dan  batik  cetak.  (14)  Dulunya  batik  dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. (15) Namun, sekarang sudah ada alat batik dengan menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cetak.

13 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

 Tingkat Kesulitan: Sedang
Apa gagasan utama paragraf kedua?
A. Banyak sekali artis-artis luar negeri yang memakai baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama.
B. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri-khas motif yang berbeda-beda.
C. Jenis batik sendiri sekarang juga sudah beragam mulai dari batik tulisdan batik cetak.
D. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis.
E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia

Pembahasan
Kalimat tersebut merupakan gagasan pokok yang berada di awal paragraf yang belum mengalami pengembangan paragraf Berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
1.  Deduktif (awal paragraf)
2.  Ineratif (tengah paragraf)
3.  Deduktif (akhir paragraf)
4.  Campuran  (awal  dan  akhir paragraf)
Jawaban: E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia.

14 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kesalahan penggunaan tanda bacaditemukan pada kalimat ....  
A. (1) dan (2)
B. (4) dan (7)
C. (9) dan (11)
D. (12) dan (13)
E. (14) dan (15)

Pembahasan
Penggunaan tanda ‘koma’ kalimat tersebut tidak tepat.
Jawaban: B. (4) dan (7)

15 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Mudah
Pertanyaan yang jawabannya tidak sesuaidengan teks tersebut adalah…. 
A. Keragaman apa saja yang menjadikebanggaan Indonesia?
B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunyawarisan dunia?
C. Alat apa yang digunakan untuk membuat batik Indonesia yangmendunia?
D. Apa yang membuat wisatawan asingterkesan dengan budaya Indonesia?
E. Mengapa sebagai warga negaraIndonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya? 

Pembahasan
Jelas, pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan pertnyataan dalam teks karena terdapat ciri kata ‘satu-satunya’ dalam pertanyaan tersebut. 
Jawaban: B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunya warisan dunia?

16 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kata “ini” pada kalimat ke-3 di atasmerujuk pada…. 
A. Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yangharus kita jaga.
B. Batik sendiri berasal dari beberapawilayah indonesia dengan ciri khasmotif yang berbeda-beda.
C. Wisatawan asing yang berkunjung keIndonesia, pasti akan terkesan dengan keragaman budaya diIndonesia ini.
D. Keragamannya mulai dari agama,suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adatistiadatnya. 
E. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. 

Pembahasan
Kata ‘ini’ merujuk pada kalimat sebelumnya.
Jawaban: D. Keragamannya mulai  dari  agama,  suku,  etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya.

17 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Konjungsi yang salah terdapat pada kalimat….
A. (2) dan (7)
B. (8) dan (10)
C. (11) dan (13)
D. (12) dan (4)
E. (9) dan (14)

Pembahasan
Konjungsi ‘Selain itu’ merupakan konjungsi antarkalimat kemudian harus disertai dengan tanda baca (,)
sedangkan konjungsi ‘dan’ digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih klausa yang mempunyai status sederajat. 
Jawaban: C. (11) dan (13)

18 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

 Tingkat Kesulitan: Sedang
Penulisan  judul yang sesuai dengan EBI adalah….
A. Gerak-Gerik Pencuri di Malam Hari dengan Alat Saktinya
B. Kecil-kecil Jadi Pengusaha Buah Mangga
C. Berjalan-Jalan Ke Kota Kembang Bandung
D. Si Pohan dan Si Juna Pemburu Harta Karun di Maribaya
E. Surat Cinta Dari Pengagum Rahasia

Pembahasan
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
Jawaban: D. Si Pohan dan Si Juna Pemburu Harta Karun di Maribaya

19 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Penulisan huruf kapital di bawah ini yang salah adalah….
A. Seharusnya dia berpikir dan berdoa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.
B. Pria itu dikejar-kejar pihak berwenang karena mengaku sebagai nabi.
C. Bulan ini ayah saya akan dilantik menjadi menteri.
D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda.
E. Perang Kemerdekaan menjadi saksi rakyat Indonesia yang tak terlupakan.

Pembahasan
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa
Jawaban: D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda

20 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tingkat Kesulitan: Sedang
Hubungan perbandingan terdapat dalam pernyataan....
A. Pengendara itu mengendarai mobilnya dengan sangat kencang, diatengah mengendarai motornya disebuah sirkuit balapan.
B. Rumahnya begitu megah dan mewah kalau dilihatnya sebuah istana dizaman Yunani kuno.
C. Roti ini sangat lembut serasa sebuah kapas.
D.Rasa manisnya begitu terasa dilidahku seakan-akan rasa manis tersebut memanjakan atau merayulidahku.
E. Vallen terdiam membisu, mulutnya tengah terkunci dengan rapat.

Pembahasan
konjungsi seakanakan merupakan jenis konjungsi hubungan perbandingan.
Jawaban: D. Rasa manisnya begitu terasa di lidahku seakan-akan rasa manis tersebut memanjakan atau merayu lidahku.


Tes Potensi Skolastik (TPS) 2019 Bahasa Inggris  


Soal TPS 2019-Bahasa Inggris-Paket 20


Text 1

The United States government is composed of three major sections. It is based on the Constitution of the United States of America that was put into effect in May, 1789. The three parts of the U.S. Government are the executive, legislative, and judicial branches. Each branch works independently of the other two, and each has its own responsibilities. This system is in place to ensure that no branch can carry more power than the other. This is called the separation of powers, which was written into the Constitution.

The executive branch is the branch that most Americans are familiar with. It includes the president of the United States, the vice-president, and the cabinet. The president is the leader of the country and is the commander-in-chief of the U.S. military. The vice-president is second-in-command, and will act as president if the president dies, resigns, or is removed from office. The cabinet acts as agents of the U.S. President, and carry out the duties they are entrusted with.

The legislative branch of government consists of the House of Representatives, and the Senate. Together they form the congress, which can levy and collect taxes, mint money, and establish federal courts. It can also declare war, and raise and support the army, navy, and air force to protect the country. The House of Representatives has 435 members, and the Senate consists of 100 senators, with two from each of the states. Any legislation, or new law, must be approved by both the House of Representatives and the Senate.
The judicial branch is entrusted to apply the laws created by the legislative branch of government. It has the power to create lower courts under the Supreme Court of the United States. It works closely with state courts, although they are separate.
(Retrieved from  www.rong-chang.com)

01 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Main Idea 
What is the main idea of the passage above? 
A. United States of America
B. The  government  system  of  United  States  of America
C. Constitution of United States of America
D. Separation of Power in American Constitution
E. A  system  that  ensure  no  branch  have  more power than others

Pembahasan
Pertanyaan tersebut mencari IDE UTAMA dari bacaan. Ide utama suatu bacaan biasanya terdapat di paragraf pertama. Bisa merupakan kalimat pertama, kalimat terakhir, ataupun kombinasi keduanya (tersirat). Ide utama biasanya berupa pernyataan spesifik yang didukung oleh kalimat- kalimat pertama di paragraf selanjutnya.
  • Pilihan A salah karena bukan merupakan ide utama dari bacaan karena tidak spesifik.
  • Pilihan C, D dan E salah karena bukan merupakan ide utama yang tepat dari bacaan.
Jawaban [B] karena dalam paragraf pertama dijelaskan mengenai pemerintahan Amerika Serikat yang memiliki sebuah sistem yang dinamakan “the separation of power”. Pernyataan   ini spesifik dan didukung oleh penjelasan di paragraf-paragraf berikutnya.

02 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
According to the passage, why does this system is applied?
A. To ensure that the power of law is distributed fairly
B. To  guarantee  that  there  is  no  branch  that overpower the other branch
C. To    guarantee    that    the    executive    won’t overpower the other two branches
D. To separate the workload fairly into three major sections
E. To  divide  the  government  into  three  major section

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal:
“Berdasarkan bacaan, mengapa sistem ini diterapkan?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf pertama, yaitu:
“Sistem ini diberlakukan untuk memastikan bahwa tidak ada badan yang memiliki kekuasaan lebih dari yang lainnya.”
  • Pilihan A, C, D dan E salah karena tidak sesuai informasi dalam bacaan.
Jawaban [B] karena menyatakan bahwa sistem ini diterapkan untuk memastikan bahwa tidak ada badan yang memiliki kekuatan lebih dari badan yang lainnya. Pernyataan ini sesuai dengan informasi dalam bacaan.

03 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
What is the base of the separation of power in the United States government?
A. The Constitution of the United States of America
B. Executive, legislative and judicial branches’decision
C. The States’ Constitution
D. United States presidential election
E. The House of Representative and SenateAgreement

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal:
“Apa yang menjadi dasar dari pembagian kekuasaan di pemerintahan Amerika Serikat?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf pertama, yaitu:
“Pemerintahan berdasarkan Konstitusi Amerika Serikat yang diberlakukan di bulan Mei tahun 1789.” dan “Hal ini disebut sebagai pembagian kekuasaan, yang dituliskan dalam konstitusi.”
  • Pilihan  B,  C,  D  dan  E  salah  karena  tidak  sesuai informasi dalam bacaan.
Jawaban [A] karena pernyataan tersebut sesuai dengan informasi dalam bacaan yang menyatakan bahwa dasar pembagian kekuasaan di pemerintahan Amerika Serikat adalah Konstitusi Amerika Serikat.”

04 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
Which of these actions IS NOT the authority of the legislative branch?
A. Levy and collect taxes
B. Declare war to protect the country
C. Interpret and apply new law
D. Raise and support the soldiers
E. Establish federal courts

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal:
“Mana dari tindakan-tindakan berikut yang BUKAN merupakan kewenangan dari badan legislatif?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf ketiga, yaitu:
“Kedua badan bersatu membentuk kongres, yang berwenang menarik dan mengumpulkan pajak, mencetak  uang  dan  membangun  pengadilan federal. Kongres juga dapat mendeklarasikan perang, serta meningkatkan dan mendukung angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara untuk melindungi negara…. Setiap legislasi atau hukum baru harus disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. “
  • Pilihan A, B, D dan E salah karena merupakan kewenangan yang tepat untuk badan legislatif.
Jawaban [C] karena menginterpretasikan dan menerapkan hukum bukan merupakan kewenangan badan legislatif melainkan kewenangan badan yudikatif.


Text 2
 
Leaders  of  195  nations  have  reached  a
historic climate agreement after two weeks of talks in Paris, France. For the first time countries around the world have agreed on measures to slow down climate change. Both rich and poor nations are to take action against global warming. However, what was agreed upon in Paris will not stop climate change altogether.

These are the most important points of the agreement. Greenhouse gas emissions should be reduced by at least 50%; Rising temperatures should be limited to less than 2° Celsius (=3.6° Fahrenheit);
Every five years, countries must be evaluated to see if they keep up their promises; Rich countries will give money to poorer nations (about 100 billion dollars a year)   in order to help them cope with climate change.

Every five years, countries must be evaluated to see if they keep up their promises; Rich countries will
give money to poorer nations (about 100 billion dollars a year)  in order to help them cope with climate change.

Without the new climate agreement global warming would spin out of control. Rising sea levels, increased flooding, droughts and food shortages would be the result. According to environmentalists, the Paris climate summit is only the first step down a rough road to save our planet.

The last climate conference in Copenhagen failed because countries could not agree on how to combat global warming. Nations like India and China thought that a climate deal would put their economic growth in danger. Environment experts hope that the agreement will also send a message to energy companies to invest more in renewable energy instead of fossil fuels.

The climate agreement comes at a time when both the United States and China, two main contributors of greenhouse gases, have taken action to reduce emissions. While not all of the agreement is binding, all countries have pledged to do as much as they can to stop global warming.

(Retrieved from  www.english-online.at

05 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
How long does it take to reach the agreement of Paris climate summit? 
A. A week
B. Two weeks
C. A month
D. A year
E. 195 days

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal: 
“Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kesepakatan dari konferensi tingkat tinggi iklim di Paris?”
Hal ini dijelasakan dalam paragaraf pertama, yaitu:
“Pemimpin dari 195 negara telah mencapai kesepakatan bersejarah tentang iklim setelah dua minggu perundingan di Paris, Prancis.”
  • Pilihan A, C, D dan E salah karena tidak sesuai dengan informasi dalam bacaan.
Jawaban [B] karena menyatakan informasi yang sesuai dengan bacaan yaitu kesepakatan terjadi setelah dua minggu perundingan.

06 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
Which  of  these  statements  is  the  CORRECT important point of the agreement based on the passage?
A. Gas emission of greenhouse should be escalated by 50%
B. Each country should evaluate each other to see the improvement
C. Temperature rising should be limited to less than 3.6° Fahrenheit
D. Every country should help each other in funding the movement
E. Rich countries will give about 1000 billion dollars every year to poor countries in order to fasten economic growth

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal:
“Mana dari pertanyaan berikut yang merupakan poin penting dari kesepakatan yang BENAR/TEPAT berdasarkan bacaan?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf kedua, yaitu:
“Berikut adalah poin-poin penting dari kesepakatan.
- Emisi gas rumah kaca harus dikurangi setidaknya 50%;
- Kenaikan   suhu  udara harus dibatasi   hingga kurang dari 2° celsius (=3.6° Fahrenheit); - -
- Setiap lima tahun, negara-negara harus mengevaluasi untuk melihat apakah mereka menepati janjinya;
- Negara kaya akan memberikan uang pada negara yang lebih miskin (sekitar 100 miliar dolar per tahun) dengan maksud untuk menolong mereka dalam mengatasi perubahan iklim.”
  • Pilihan A, B, D dan E salah karena BUKAN merupakan poin penting kesepakatan yang BENAR berdasarkan bacaan.
Jawaban [C] karena merupakan poin penting kesepakatan yang BENAR berdasarkan informasi dalam bacaan.

07 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: Sulit
Bab: Specific Information
Why does the previous climate conference which held in Copenhagen failed?
A. Because all the countries agree that a climate deal would put their economic growth in danger
B. Because America and China disagree to reduce their greenhouse emission
C. Because  countries  agree  that  climate  change must be combatted together
D. Because  countries  could not agree on how to fight global warming
E. Because   China   and   India   do   not   want   to participate

Pembahasan
Arti pertanyaan dalam soal:
“Mengapa konferensi iklim sebelumnya yang digelar di Copenhagen gagal?”
Hal ini dibahas dalam paragraf keempat, yaitu:
“Konferensi iklim terakhir di Copenhagen tidak berhasil karena negara-negara tidak mencapai kesepakatan mengenai bagaimana cara untuk memerangi pemanasan global.”
  • Pilihan A, B, C dan E salah karena menyatakan pernyataan yang tidak sesuai dengan informasi dalam bacaan.
Jawaban [D] karena menyatakan informasi yang sesuai dengan informasi dalam bacaan yaitu bahwa konferensi iklim di Copnhagen gagal karena negara- negara tidak mencapai kesepakatan tentang bagaimana cara untuk memerangi pemanasan global.”

08 - Tes Potensi Skolastik Bahasa Inggris

Tingkat Kesulitan: HOTS
Bab: Synonym
The  word  “pledged”  in  the  passage  can  be replaced by…
A. Oath
B. Promised 
C. Initiated 
D. Vows
E. Security

Pembahasan
Pertanyaan tersebut mencari sinonim atau kata yang bisa menggantikan kata “pledged” dalam bacaan pada kalimat berikut:
“While not all of the agreement is binding, all countries have pledged to do as much as they can to stop global warming.”
Artinya:
“Meskipun tidak semua perjanjian mengikat, semua negara telah berjanji untuk melakukan sebanyak mungkin yang mereka bisa untuk menghentikan pemanasan global.”
Kata “pledged” dalam kalimat tersebut merupakan verb. Maka perlu dicari sinonim yang juga merupakan verb.
Oath (noun) = Sumpah Promised (Verb) = Berjanji Initiated (Verb) = Mengawali Vows (Noun) = Janji
Security (Noun) = Keamanan
  • Pilihan A, D, dan E salah karena merupakan noun yang tidak bisa menggantikan verb “pledged” dalam kalimat.
  • Pilihan C salah karena bukan merupakan sinonim (memiliki arti yang berbeda) dari verb “pledeged”.
Jawaban [B]  karena  “promised” merupakan  verb yang   memiliki   arti   yang   sama   dengan   verb “pledged” yaitu berjanji. Verb ini dapat menggantikan kata “pledged” dalam kalimat.


Terjemahan Teks 1

Pemerintahan Amerika Serikat terdiri atas tiga bagian utama. Pemerintahan berdasarkan Konstitusi Amerika Serikat yang diberlakukan di bulan Mei tahun 1789. Tiga bagian dari pemerintahan Amerika Serikat adalah badan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Setiap badan bekerja secara mandiri dari dua badan lainnya, dan setiap badan memiliki tanggungjawab masing-masing. Sistem ini diberlakukan untuk memastikan bahwa tidak ada badan yang memiliki kekuasaan lebih dari yang lainnya. Hal ini disebut sebagai pembagian kekuasaan, yang dituliskan dalam konstitusi.

Badan eksekutif adalah badan yang paling dikenal oleh orang Amerika. Badan ini meliputi Presiden Amerika Serikat, wakil presiden dan kabinet. President adalah pemimpin negara dan panglima militer AS. Wakil presiden adalah orang kedua, dan akan bertindak sebagai presiden jika presiden meninggal, mengundurkan diri atau dikeluarkan dari jabatannya. Kabinet bertindak sebagai perwakilan presiden Amerika dan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada mereka.

Badan legislative pemerintahan terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan senat. Kedua badan bersatu membentuk kongres, yang berwenang menarik dan mengumpulkan pajak, mencetak uang dan membangun pengadilan federal. Kongres juga dapat mendeklarasikan perang, serta meningkatkan dan mendukung angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara untuk melindungi negara. Dewan Perwakilan Rakyat memiliki 435 anggota, dan senat terdiri atas 100 orang senator, dua dari setiap negara bagian. Setiap legislasi atau hukum baru harus disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat.

Badan yudikatif dipercaya untuk menerapkan hukum yang dibuat oleh badan legislatif pemerintahan. Badan ini memiliki kekuatan untuk membuat pengadilan yang lebih rendah di bawah Mahkamah Agung Amerika Serikat. Pengadilan ini bekerja dekat dengan pengadilan negara, walaupun mereka terpisah.

(Diambil dari  www.rong-chang.com)

Terjemahan Teks 2

Pemimpin dari 195 negara telah mencapai kesepakatan bersejarah tentang iklim setelah dua minggu perundingan di Paris, Prancis. Untuk pertama kalinya negara-negara di dunia sepakat mengenai langkah-langkah untuk memperlambat perubahan iklim. Baik negara kaya dan negara miskin harus turut serta dalam melawan pemanasan global. Namun, apa yang disepakati di Paris tidak akan langsung menghentikan perubahan iklim secara keseluruhan.

Berikut adalah poin-poin penting dari kesepakatan. Emisi gas rumah kaca harus dikurangi setidaknya 50%; Kenaikan suhu udara harus dibatasi hingga kurang dari 2° celsius (=3.6° Fahrenheit); setiap lima tahun, negara-negara harus mengevaluasi untuk melihat apakah mereka menepati janjinya; negara kaya akan memberikan uang pada negara yang lebih miskin (sekitar 100 miliar dolar per tahun) dengan maksud untuk menolong mereka dalam mengatasi perubahan iklim. 

Tanpa kesepakatan baru mengenai perubahan iklim, pemanasan global akan lepas dari kendali. Kenaikan permukaan laut, peningkatan banjir, kekeringan dan kekurangan makanan akan menjadi dampaknya. Menurut para ahli lingkungan, Konferensi Tingkat Tinggi Paris tentang iklim hanyalah langkah pertama untuk menghadapi jalan yang lebih sulit untuk menyelamatkan planet kita.

Konferensi iklim terakhir di Copenhagen tidak berhasil karena negara-negara tidak mencapai kesepakatan mengenai bagaimana cara untuk memerangi pemanasan global. Negara seperti India dan Cina berpikir bahwa sebuah kesepakatan tentang iklim akan menempatkan pertumbuhan ekonomi negara dalam bahaya. Ahli lingkungan berharap kesepakatan ini juga akan mengirimkan pesan kepada perusahaan energy untuk lebih banyak berinvestasi untuk energy terbaharukan daripada bahan bakar fosil.

Kesepakatan iklim terjadi pada saat Amerika Serikat dan Cina, dua contributor gas rumah kaca terbesar, telah mengambil tindakan untuk mengurangi emisi. Meskipun tidak semua perjanjian mengikat, semua negara berjanji untuk melakukan sebanyak mungkin yang mereka bisa untuk menghentikan pemanasan global.

(Diambil dari  www.english-online.at

Pengetahuan dan Pemahaman Umum


Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 1

${}^1$Air laut tidak hanya air saja. ${}^$Di dalam air laut ada berbagai zat dan gas. ${}^3$Di antaranya ada oksigen, sodium, nitrogen, kalsium, dan sebagainya. ${}^4$Macam-macam zat dan gas itu berasal dari kerak bumi, dasar laut, makhluk hidup, dan sebagainya.

${}^5$Berbagai zat dan gas itulah yang menimbulkan busa laut. ${}^6$Ketika angin berhembus kencang dan ombak bergelombang, air laut terombang-ambing. ${}^7$Saat itulah aneka zat dan gas di lautan seperti dikocok-kocok. ${}^8$Akibatnya muncul busa-busa di lautan.

${}^9$Busa-busa laut bisa tipis dan sedikit, tetapi bisa super tebal dan banyak. ${}^{10}$Busa laut super tebal pernah terjadi di beberapa negara, seperti di Australia pada bulan Januari 2013 dan di Skotlandia pada bulan September 2012. ${}^{11}$Busa laut super tebal biasanya terjadi karena dua hal. ${}^{12}$Adanya badai besar dana adanya mekar alga. ${}^{13}$Mekar alga adalah peningkatan jumlah alga yang sangat cepat di  perairan. ${}^{14}$Mekar  alga akan  mati  dan  membusuk.  ${}^{15}$...  badai  mengocok-ngocok lautan yang berisi mekar alga yang membusuk, terjadilah busa laut yang super tebal dan banyak.
Dikutip dari bobo.grid.id

01 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Pokok pembahasan dari paragraf ketiga adalah ....
A. Terjadinya busa-busa tipis dan sedikit di lautan
B. Mekar alga yang mati dan membusuk di laut
C. Busa tebal dan banyak terjadi di Australia dan Skotlandia
D. Proses terbentuknya busa laut super tebal dan banyak
E. Badai besar menjadi penyebab busa-busa laut muncul

Pembahasan
Paragraf ketiga lebih banyak menjelaskan proses terbentuknya busalaut super tebal dan banyak.Penyebabnya adalah badai besar danmekar alga. 
Kunci: (D) Proses terbentuknya busa laut super tebal dan banyak 

02 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sulit
Penulisan  ejaan  yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. 1 
B. 6 
C. 10 
D. 13 
E. 15

Pembahasan
Pada kalimat 6 terapat kata yang tidak baku, yaitu kata berhembus. Kata berhembus lebih banyak digunakan oleh  orang  awam,  padahal  kata yang bakunya adalah berembus.
Kunci: (B) 6

03 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat 15 adalah ....
A. Ketika
B. Semenjak
C. Sebelum
D. Namun
E. Setelah

Pembahasan
Bagian yang kosong pada kalimat 15 harus diisi oleh konjungsi waktu atau temporal. Badai yang mengocok-ngocok lautan dan busa laut terjadi bersamaan. Maka, kata yang harus diisiadalah kata hubung waktu, yaitu ketika. 
Kunci: (A) Ketika

04 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Mudah
Kalimat 10 menjawab pertanyaan ...
A. Bagaimana proses terjadinyabusa laut super tebal danbanyak?
B. Kapan terjadinya proses busalaut tipis dan sedikit serta supertebal dan banyak?
C. Negara mana saja yang pernahmengalami busa laut supertebal dan banyak?
D. Di mana negara yang pernahmengalami busa laut tipis dan sedikit?
E. Mengapa busa laut super tebaldan banyak bisa terjadi dipantai? 

Pembahasan
Kalimat 10 menjelaskan negara yangpernah mengalami busa laut supertebal dan banyak. 
Kunci: (C) Negara mana saja yang pernah mengalami busa laut super tebal dan banyak?


Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang
tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 2

${}^1$Membuat garam dari air laut dilakukan dengan cara menjemur air laut. ${}^2$Sebelum dijemur, air akan diambil menggunakan pompa ke petak-petak kecil. ${}^3$Air laut yang ada di satu petak akan dialirkan lagi ke petak berikutnya.

${}^4$Air laut mengandung banyak zat, salah satunya adalah garam. ${}^5$Supaya tidak bercampur, zat lain di dalam air laut harus dibuang dengan cara diendapkan. ${}^6$Setelah zat lain mengendap, air garam akan dialirkan ke petak lain. ${}^7$Zat lain yang ada di dalam air laut itu banyak, jadi proses pengendapan pun dilakukan berkali-kali. ${}^8$Supaya proses pengendapannya berjalan cepat, petani garam biasanya membuat banyak petak. ${}^9$Di petak paling akhir, air laut sudah mengental dan hanya berisi garam.

${}^{10}Jika air laut sudah mengental, air laut akan dikristalkan. ${}^{11}Dalam proses pengkristalan ini, air laut akan dijemur berhari-hari. ${}^{12}Lama-kelamaan, air akan menguap. ${}^{13}Saat air menguap, kandungan garam di dalamnya akan mengristal dan menjadi butiran garam. ${}^{14}Butiran garam itulah yang dijual oleh para petani.
Dikutip dari bobo.grid.id

05 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Penggunaan konjungsi final terdapat pada kalimat ....
A. 1
B. 3
C. 5
D. 7
E. 9 

Pembahasan
Kata yang menandakannya adalah kata supaya.
Kunci: (C) 5

06 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Mudah
Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah ...
A. Proses pengendapan air laut dilakukan berkali-kali.
B. Salah satu zat yang terdapat di dalam air laut adalah garam.
C. Air laut akan dijemur untuk membuat garam.
D. Air laut akan mengental di petak terakhir.
E. Air laut akan dijemur sehari dalam proses pengkristalan.

Pembahasan
Tidak sesuai dengan isi bacaan.
Kunci: (E) Air laut akan dijemur sehari dalam proses pengkristalan.

07 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sulit
Kesalahan penulisan ejaan terdapatpada kalimat ....
A. 13
B. 10
C. 8
D. 4
E. 2 

Pembahasan
Terdapat pada kata mengristal. Kata yang benar adalah mengkristal. Kata dasarnya adalah kristal. Kata kristal tidak luluh saat diberi imbuhan me-karena kristal merupakan kluster. 
Kunci: (A) 13

08 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Di bawah ini merupakan sinonim dari kata kristal, kecuali ....
A. Silika
B. Kinyang
C. Hablur
D. Cair
E. Balur

Pembahasan
Cair merupakan antonim dari kristal.
Kunci: (D) Cair

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang
tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 3
 
${}^1$Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar 
mengatakan bahwa secara umum tingkat buta aksara di Jabar telah di bawah rata-rata nasional,
yang masih di angka 1,94 persen. ${}^2$Namun, ia menginginkan pada 2030 tingkat buta aksara di 
Indonesia dapat ditekan seminimal mungkin. 

${}^3$Menurutnya, tingkat buta aksara di Jabar masih termasuk kategori aman karena  rata-rata 
masih di bawah 1 persen. ${}^4$Ia sebutkan daerah tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. ${}^5$Tak hanya itu, Harris juga menyebut provinsi NTT, NTB, Sulbar, Sulsel, dan Jatim sebagai daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi. ${}^6$Ia menjelaskan bahwa umumnya wilayah yang belum tersentuh adalah kawasan perdesaan dan warga yang berasal dari keluarga prasejahtera. ${}^7$ Rata-rata dari mereka yang buta  aksara adalah mereka yang berusia di atas 45 tahun. 

${}^8$Harris mengatakan bahwa Kemendikbud sudah melakukan berbagai program untuk mengentaskan buta aksara, seperti Taman Baca Masyarakat, Kampung Literasi, Desa Vokasi, juga Indonesia Membaca. ${}^9$Kegiatan literasi seperti itu dinilai dapat memberikan sumbangan untuk
mengentaskan buta aksara. 

Dikutip dari republika.co.id 

09 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Inti  pembahasan  pada  paragraf  ketiga adalah ...
A. Taman Baca Masyarakat digunakan untuk menurunkan angka buta aksara di Indonesia.
B. Kemendikbud sudah melaksanakan solusi untuk menurunkan angka buta aksara.
C. Buta aksara hanya ada di beberapa daerah perdesaan di Indonesia.
D. Kurangnya budaya literasi di Indonesia menyebabkan adanya buta aksara.
E.  Desa vokasi merupakan satu-satunya program yang dibuat oleh Kemendikbud.

Pembahasan
Paragraf ketiga membahas macammacam solusi yang sudah dilakukan Kemendikbud untuk menurunkan angka buta aksara di Indonesia. 
Kunci: (B) Kemendikbud sudahmelaksanakan solusi untuk menurunkan angka buta aksara.

10 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Sedang
Kata itu pada kalimat 5 merujuk pada ....
A. Angka 22,8 persen
B. Tingkat buta aksara tinggi
C. Wilayah Papua
D. Provinsi Jawa Barat
E. Provinsi Jawa Timur 

Pembahasan
Pada kalimat sebelumnya dijelaskan daerah yang tingkat buta aksaranya tinggi, yaitu daerah Papua. 
Kunci: (C) Wilayah Papua

11 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: HOTS
Suntingan yang tepat untuk memperbaiki kalimat 4 adalah ...
A. Ia sebutkan daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi dan timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. 
B. Ia mensebutkan daerah tingkat buta aksaranya yang masih tinggi biasanya berada diwilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. 
C. Ia sebutkan daerah yang tingkabuta aksaranya masih tinggi umumnya berada diwilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. 
D. Ia menyebutkan daerah tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. 
E. Ia menyebutkan bahwa daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. umumnya berada di wilayah

Pembahasan
Di dalam kata KBBI tidak ada katasebutkan. Pada kalimat 4 harusdiberikan kata bahwa karena bahwaberfungsi untuk menjelaskan dan harusmenggunakan tanda baca komasebelum seperti. 
Kunci: (E) Ia menyebutkan bahwa daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. 

12 - Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Tingkat Kesulitan: Mudah
Berikut ini merupakan pernyataan yang sesuai dengan bacaan di atas, kecuali ...
A.  Tingkat buta aksara di Jawa Barat di bawah rata-rata nasional.
B.  Jumlah tingkat buta aksara di wilayah Indonesia timur 22,8 persen.
C.  Harris menginginkan pada 2030 angka buta aksara ditekan seminimal mungkin.
D.   Hanya  provinsi Sulawesi Barat yang angka buta aksaranya masih tinggi.
E.  Masyarakat yang buta aksara biasanya berusia di atas 45 tahun.

Pembahasan
Pernyataan ini tidak sesuai dengan bacaan.
Kunci: (D)   Hanya provinsi Sulawesi Barat yang angka buta aksaranya masih tinggi.

Mata Pelajaran Tes Potensi Skolastik (TPS) Penalaran Kuantitatif


01 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Mudah
BAB : Bilangan
Diketahui: $x = \frac{{{\rm{2}}{{\rm{5}}^2} - {{12}^2}}}{{\sqrt {{5^2} + {{12}^2}} }}$
Nilai dari $x$ adalah.....
(A) 13
(B) 18
(C) 26
(D) 33
(E) 37 

Pembahasan
\[x = \frac{{{\rm{2}}{{\rm{5}}^2} - {{12}^2}}}{{\sqrt {{5^2} + {{12}^2}} }} = \frac{{\left( {25 + 12} \right)\left( {25 - 12} \right)}}{{\sqrt {25 + 144} }} = \frac{{{\rm{37}} \cdot {\rm{13}}}}{{{\rm{13}}}} = 37\]
Jawaban: E.37

02 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Mudah
BAB : Bilangan
Banyak bilangan prima antara 30 dan 50 adalah……
(A) 4
(B) 5
(C) 6
(D) 7
(E) 8 

Pembahasan
Bilangan prima antara 30 dan 50 adalah: 31,37,41,43,47
Jadi terdapat 5 bilangan prima.
Jawaban: B 

03 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Mudah
BAB : Persamaan Kuadrat
Diketahui: ${\left( {x + y} \right)^2} = {\left( {x - y} \right)^2} + 100$
Nilai dari $xy$ adalah....
(A) 10
(B) 20
(C) 25
(D) 50
(E) 100 

Pembahasan
Dapat diuraikan ke dalam bentuk:
\[\begin{array}{l}{\left( {x + y} \right)^2} = {\left( {x - y} \right)^2} + 100\\ \Rightarrow {x^2} + 2xy + {y^2} = {x^2} - 2xy + {y^2} + 100\\ \Rightarrow 4xy = 100\\ \Rightarrow xy = 25\end{array}\]
Jawaban: C 

04 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Bilangan
Jika ${n^2} + 1$ adalah bilangan ganjil maka bilangan berikut ini yang juga merupakan bilangan ganjil adalah ……
(A) ${n^3}$
(B) $3n$
(C) ${\left( {n + 1} \right)^2}$
(D) $5n - 2$
(E) ${n^2} + n$

Pembahasan
Karena ${n^2} + 1$ ganjil dan 1 ganjil maka ${n^2}$ genap. Karena ${n^2}$ genap maka $n$ genap.
Artinya $n+1$ ganjil dan ${\left( {n + 1} \right)^2}$ juga ganjil.
Jawaban: C

05 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Bilangan
Bilangan berikut yang habis dibagi 4 dan 9 adalah ……
(A) 2.000.004
(B) 2.000.008
(C) 2.000.012
(D) 2.000.016
(E) 2.000.020 

Pembahasan
Ciri bilangan habis dibagi 4 adalah dua digit terakhirhabis dibagi 4 dan ternyata semua pilihan habis dibagidengan 4. Ciri bilangan habis dibagi 9 adalah jumlahdigitnya habis dibagi 9. Pilihan yang memenuhi adalahpilihan D yakni: 2 + 0 + 0 + 0 + 0 + 1 + 6 = 9. Dapatdiverifikasi 2.000.016 ∶ 9 = 222.224.
Jawaban: D 

06 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Pertidaksamaan
Diketahui: $\begin{array}{l}a - b < 0\\c - b > 0\\d - a < 0\end{array}$
maka hubungan yang benar adalah ……
(A) $d > c$
(B) $b < d$
(C) $a < c$
(D) $d > a$
(E) $b < a$

Pembahasan
Dapat ditulis ulang menjadi:
$a < b,$//////$c > b$//////$d < a$
Jika diurutkan adalah:
$d < a < b < c$
Hubungan yang benar adalah $a < c.$
Jawaban: C

07 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Sistem Pertidaksamaan
Diketahui: $\begin{array}{l}x + y + z = 18\\yz = y + {y^2}\end{array}$
Nilai dari $2y + x$ adalah....
(A) 14 
(B) 15
(C) 16
(D) 17
(E) 18 

Pembahasan
Dari persamaan kedua:
$yz = y + {y^2} \Rightarrow yz = y\left( {1 + y} \right) \Rightarrow z = 1 + y$
Substitusi ke persamaan pertama:
$\begin{array}{l}x + y + z = 18\\ \Rightarrow x + y + \left( {1 + y} \right) = 18\\ \Rightarrow 2y + x = 18 - 1 = 17\end{array}$
Jawaban: D

08 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Bilangan
Diketahui: $\frac{1}{2},\frac{1}{3},\frac{1}{4},\frac{1}{5},\frac{1}{6}$ 
Jika diambil empat bilangan pecahan dan diperoleh hasil penjumlahannya adalah 5/4 maka bilangan pecahan yang tidak terambil adalah ……
(A) 1/2
(B) 1/3
(C) 1/4
(D) 1/5
(E) 1/6 

Pembahasan
Dengan menyamakan penyebutnya:
\[\frac{1}{2},\frac{1}{3},\frac{1}{4},\frac{1}{5},\frac{1}{6} = \frac{{30}}{{60}},\frac{{20}}{{60}},\frac{{15}}{{60}},\frac{{12}}{{60}},\frac{{10}}{{60}}\]
Karena diinginkan jumlahnya adalah 5/4 = 75/60 maka yang terambil adalah:
\[\frac{1}{2} + \frac{1}{3} + \frac{1}{4} + \frac{1}{6} = \frac{{30}}{{60}} + \frac{{20}}{{60}} + \frac{{15}}{{60}} + \frac{{10}}{{60}} = \frac{{75}}{{60}} = \frac{5}{4}\]
Jadi yang tidak terambil adalah 1/5
Jawaban: D

09 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Eksponen
Diketahui: $\begin{array}{l}x = {8^{\frac{1}{2}}}\\y = {12^{\frac{1}{2}}}\\z = {24^{\frac{1}{2}}}\end{array}$
Nilai dari $xyz$ adalah.....
(A) 24
(B) 36
(C) 48
(D) 56 
(E)  64

Pembahasan
Dapat diuraikan ke dalam bentuk:
$\begin{array}{l}x = {8^{\frac{1}{2}}} = \sqrt {8\,} \, = \sqrt {4 \cdot 2}  = 2\sqrt 2 \\x = {12^{\frac{1}{2}}} = \sqrt {12\,} \, = \sqrt {4 \cdot 3}  = 2\sqrt 3 \\x = {24^{\frac{1}{2}}} = \sqrt {24\,} \, = \sqrt {4 \cdot 6}  = 2\sqrt 6 \end{array}$
Jika ketiga bilangan dikalikan maka:
$xyz = {2^3} \cdot \sqrt {2 \cdot 3 \cdot 6} \, = {2^3} \cdot \left( {2 \cdot 3} \right) = 48$
Jawaban: C

10 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Sistem Persamaan
Diketahui: $\begin{array}{l}a - b = 2017\\b - c = 2018\\c - d = 2019\end{array}$
Nilai dari $d - a$ adalah.......
(A)  −6054
(B)  −2018
(C)  0
(D)  2018
(E)  6054 

Pembahasan
$\begin{array}{l}a - b = 2017\\b - c = 2018\\c - d = 2019\end{array}$
Dengan menjumlahkan ketiga persamaan di atas akan diperoleh:
$a - d = 2017 + 2018 + 2019 = 6054$
Sehingga:
$d - a =  - 6054$
Jawaban:A

11 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Bilangan
Diketahui: $x = 60{\left( {99} \right)^{99}} + 30{\left( {99} \right)^{99}}$
$\begin{array}{l}y = {99^{100}}\\z = 90{\left( {90} \right)^{99}}\end{array}$
maka hubungan yang benar adalah.....
(A)  $z < x < y$
(B)  $x < y < z$
(C)  $y < z < x$
(D)  $x < z < y$
(E)  $z < y < x$

Pembahasan
Dapat ditulis ulang:
$\begin{array}{l}x = {99^{99}}\left( {60 + 30} \right) = 90 \cdot {99^{99}}\\y = {99^{100}} = {99^{1 + 99}} = 99 \cdot {99^{99}}\end{array}$
Perhatikan bahwa:
$\begin{array}{l}90 < 99 \Rightarrow 90 \cdot {99^{99}} < 99 \cdot {99^{99}} \Rightarrow x < y\\{90^{99}} < {99^{99}} \Rightarrow 90 \cdot {90^{99}} < 90 \cdot {99^{99}} \Rightarrow z < x\end{array}$
Jadi hubungan yang benar adalah:
$z < x < y$
Jawaban: A

12 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Mudah
BAB : Geometri
Berikut ini adalah bangun segi empat dengan ciri-ciri setiap dua titik sudut yang berhadapan memiliki ukuran sama besar, kecuali ……
(A) Persegi
(B) Trapesium
(C) Jajar genjang
(D) Belah ketupat
(E) Persegi panjang 

Pembahasan
Sudut A berhadapan dengan C tetapi $\angle A \ne \angle C.$
Sudut B berhadapan dengan D tetapi $\angle B \ne \angle D.$
Jawaban: B 

13 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Aljabar
Pak Arman mempunyai empat orang anak yakni Andi, Bayu, Dita dan Erni. Andi lebih muda 6 tahun dari Erni. Bayu 5 tahun lebih tua dari Dita tetapi 3 tahun lebih muda dari Erni. Jika anak
bungsu berusia 15 tahun maka usia anak sulung adalah ……  
(A) 21 tahun
(B) 22 tahun
(C) 23 tahun
(D) 24 tahun
(E) 25 tahun 

Pembahasan
$\begin{array}{l}A = E - 6\\B = D + 5 + E - 3\end{array}$
Anak bungsu adalah $D = 15$ tahun. Sehingga:
$B = 20,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,E = 23,\,\,\,\,\,\,\,\,A = 17$
Anak sulung adalah Erni dengan usia 23 tahun.
Jawaban: C

14 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Geometri
Segitiga ABC adalah segitiga sama kaki. Jikasalah satu sudut memiliki ukuran 30 derajat lebih besar dari sudut lainnya maka ukuransudut terkecil yang mungkin adalah ……  
(A) 20 derajat
(B) 30 derajat
(C) 40 derajat
(D) 50 derajat
(E) 60 derajat 

Pembahasan
Kemungkinan 1: sudut puncak 𝑥, sudut kaki 𝑥 + 30𝑥 + (𝑥 + 30) + (𝑥 + 30) = 180 ⇒ 3𝑥 = 120 
⇒ 𝑥 =40
Jadi sudut puncak 40 dan sudut kaki 70.
Kemungkinan 2: sudut puncak 𝑥 + 30, sudut kaki 𝑥(𝑥 + 30) + 𝑥 + 𝑥 = 180 ⇒ 3𝑥 = 150 ⇒ 𝑥 = 50 
Jadi sudut puncak 80 dan sudut kaki 50.
Ukuran sudut terkecil yang mungkin adalah ${40^ \circ }.$
Jawaban: C 

15 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Bilangan
Bilangan A adalah 10% lebih besar dari B. Bilangan C adalah 20% lebih kecil dari B. Jika selisih bilangan A dan C adalah 12 maka hasil penjumlahan ketiga bilangan tersebut adalah ……
(A) 104
(B) 108
(C) 110 
(D) 116 
(E) 118 

Pembahasan
$\begin{array}{l}A = B + 10\% B = \frac{{110}}{{100}}B = \frac{{11}}{{10}}B\\c = B - 20\% B = \frac{{80}}{{100}}B = \frac{8}{{10}}B\end{array}$
Berlaku:
$A - c = 12 \Rightarrow \frac{3}{{10}}B = 12 \Rightarrow B = 40$
Sehingga diperoleh $A = 44$ dan $C = 32.$
$A + B + C = 44 + 40 + 32 = 116$
Jawaban: D

16 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Aljabar
Made berangkat menuju kota B yang berjarak 288 km pada pukul 07.30 pagi dan memacu sepeda motornya dengan kecepatan konstan 60 km/jam.  Setelah 1.5 jam berjalan dia memutuskan untuk istirahat 15 menit. Karena takut terlambat dia melanjutkan perjalanan dengan kecepatan 88 km/jam. Made akan tiba di kota B pada pukul ……
(A) 10.45
(B) 11.15
(C) 11.30
(D) 12.15
(E) 12.30 

Pembahasan
Made berangkat pukul 07.30. Setelah Made berjalan selama 1.5 jam artinya pada pukul 09.00, Made telah menempuh jarak:
${J_1} = 60 \cdot 1,5 = 90$ km
Dia beristirahat selama 15 menit artinya dia mulai kembali berjalan pukul 09.15. Kecepatan berikutnya adalah ${{K_2}}$ = 88 km/jam dengan sisa jarak yang harus ditempuh adalah:
${J_2} = 288 - J = 288 - 90 = 198$ km
Sehingga lama perjalanan berikutnya adalah: 
$W = \frac{{{J_2}}}{{{K_2}}} = \frac{{198}}{{88}} = \frac{9}{4}$
yang sama dengan 2 jam 15 menit. Jadi Made tiba di
tujuan pada pukul 11.30.
Jawaban: C

17 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Geometri
Pernyataan yang benar adalah.....
(A)  $x = 31$
(B)  $x = 33$
(C)  $y = 20$
(D)  $y = 23$
(E)  $y = 25$ 

Pembahasan
Sudut $3x$ dan $4y$ merupakan sudut lancip sehingga:
\[\begin{array}{l}3x < 90 \Rightarrow x < \frac{{90}}{3} \Rightarrow x < 30\\4y < 90 \Rightarrow y < \frac{{90}}{4} \Rightarrow y < 22,5\end{array}\]
Jadi jawaban yang memnuhi adalah $y = 20$
Jawaban: C

18 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Aljabar
Terdapat 3 buah kran yakni A, B dan C yang dapat digunakan untuk mengisi sebuah kolam. Jika ketiga kran dibuka bersamaan maka kolam akan penuh dalam waktu 2 jam. Jika hanya kran A dan B yang dibuka bersamaan sedangkan kran C dibiarkan tertutup maka kolam akan penuh dalam waktu 3 jam. Jika hanya kran C yang digunakan maka kolam akan penuh dalam waktu ……
(A) 4 jam
(B) 5 jam
(C) 6 jam
(D) 7 jam
(E) 8 jam 

Pembahasan
Misalkan volume kolam adalah 𝑉. Dari informasi pertama:
${W_{A1}} = {W_{B1}} = {W_{C1}} = 2$
sehingga:
\[\begin{array}{l}V = {D_A} \cdot {W_{A1}} + {D_B} \cdot {W_{B1}} + {D_C} \cdot {W_{C1}}\\ \Rightarrow V = 2{D_A} + 2{D_B} + 2{D_C}\\ \Rightarrow {D_A} + {D_B} + {D_C} = \frac{V}{2}\end{array}\]
Dari informasi kedua:
\[{W_{A2}} = {W_{B2}} = 3,\,\,{W_{C2}} = 0\]
sehingga:
\[V = 3{D_A} + 3{D_B}\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\, \Rightarrow \,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,{D_A} + {D_B} = \frac{V}{3}\]
maka diperoleh:
\[{D_C} = \frac{V}{2}\,\, - \frac{V}{3}\,\,\, = \frac{V}{6}\,\,\,\]
Jika hanya kran C yang digunakan maka:
\[W = \frac{V}{{{D_C}}}\,\, = \frac{V}{{V/6}} = 6\,\]
Waktunya adalah 6 jam
Jawaban: C

19 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sedang
BAB : Geometri
Diketahui panjang AD adalah 12 cm dan luas segitiga ACD adalah  $39\,c{m^2}.$ Jika panjang BD adalah 8 cm maka luas segitiga BCD adalah ……
(A) $33\,\,c{m^2}$
(B) $30\,\,c{m^2}$
(C) $26\,\,c{m^2}$
(D) $24\,\,c{m^2}$
(E) $22\,\,c{m^2}$

Pembahasan
Segitiga ACD dengan alas AD dan segitiga BCD dengan alas DB memiliki tinggi yang sama yakni $t.$
\[{L_{ACD}} = \frac{{AD \cdot t}}{2} \Rightarrow 39 = \frac{{12t}}{2} \Rightarrow t = \frac{{39}}{6} = \frac{{13}}{2}\]
Sehingga:
\[{L_{BCD}} = \frac{{DB \cdot t}}{2} = \frac{{8(13/2)}}{2} = \frac{{52}}{2} = 26\]
Jawaban: C

20 - TPS Penalaran Kuantitatif

Level: Sulit
BAB : Geometri
Dua buah tiang tegak terpisah dengan jarak 12meter. Tiang pertama memiliki tinggi 12 metedan tiang kedua memiliki tinggi 8 meter. Ujungtiang pertama diikat dengan tali dandihubungkan ke pangkal tiang kedua. Demikianjuga ujung tiang kedua diikat dengan tali yangdihubungkan ke pangkal tiang pertamasehingga kedua tali berpotongan di satu titik Ketinggian titik tersebut dari permukaan tanah adalah ……
(A) 3.6 meter
(B) 4.0 meter
(C) 4.2 meter
(D) 4.8 meter
(E) 5.2 meter 

Pembahasan
Perhatikan ilustrasi berikut:
$AB = 12,CD = 8,BD = 12$
Misalkan $EF = x$ dan $FD = y$ maka $BF = 12 - y$
Segitiga ABD sebangun dengan segitiga EFD.
\[\frac{{BD}}{{FD}} = \frac{{AB}}{{EF}} \Rightarrow \frac{{12}}{y} = \frac{{12}}{x} \Rightarrow x = y\]
Segitiga CDB sebangun dengan segitiga EFB.
\[\frac{{BD}}{{FD}} = \frac{{CD}}{{EF}} \Rightarrow \frac{{12}}{{12 - y}} = \frac{8}{x} \Rightarrow 3x = 24 - 2y\]
Substitusi persamaan pertama ke persamaan kedua diperoleh:
\[3x = 24 - 2x\,\,\, \Rightarrow \,\,5x = 24\,\,\, \Rightarrow x = 4.8\]
Jawaban: D

Demikian artikel mengenai Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban TPS, jika ada pertanyaan, saran dan kritik silahkan kirimkan pada halaman Kontak. Semoga penjelasan ini lebih dari cukup untuk latihan soal. 

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya